Minggu, 03 Maret 2013

Belajar Tentang "EXPOSURE"




Greetings,

  Exposure adalah salah satu elemen didalam dunia fotografi yang harus diperhatikan. Kemahiran anda dalam memahami Exposure, dapat membuat anda mengalihkan setting yang anda gunakan, dari mode AUTO menjadi mode MANUAL. Exposure ini bisa di ibaratkan dengan seseorang yang sedang mengendarai mobil, dimana harus ada keseimbangan antara rem, gas dan kopling. Ketiga hal tersebut harus dijaga keseimbangan nya demi kelancaran saat berkendara. Exposure terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Shutter Speed (Kecepatan Rana), ISO (International Standard Organization), dan Aperture (Diafragma). Ketiga bagian itu saling berhubungan satu dengan yang lainnya, dimana keseimbangan antara ketiganya akan menghasilkan sebuah gambar yang baik.




EXPOSURE TRIANGLEcredit: www.learntimelapse.com

Penjelasan tentang EXPOSURE TRIANGLE :

  • ISO : Semakin besar ISO yang digunakan, maka akan semakin sensitif lensa anda dalam menangkap cahaya. 
  • Shutter speed : Semakin lama shutter speed dibuka, semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam lensa. 
  • Aperture : Semakin kecil nilai aperture, semakin besar lensa terbuka dan semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam lensa. 

Analisa :
   Anda menggunakan kacamata, berada di sebuah ruangan dengan sebuah jendela sebagai sumber cahaya. Kacamata anda digambarkan sebagai ISO, jendela sebagai Aperture dan kecepatan anda dalam membuka atau menutup jendela sebagai Shutter Speed.



ISO 100 - ISO 12800

   Bila anda menggunakan kacamata hitam, menggambarkan anda menggunakan ISO kecil dimana akan menghasilkan gambar yang lebih gelap karena lensa kurang sensitif terhadap cahaya. Hasilnya berbanding terbalik bila anda menggunakan kacamata bening, anda akan dapat melihat segala sesuatunya dengan lebih jelas/jernih (ISO besar).
   Anda membuka jendela secara penuh (Aperture Besar) dan membiarkan banyak cahaya yg masuk ke ruangan, dan bila anda menutup jendela secara perlahan (Shutter Speed), maka akan semakin banyak detail yang anda dapat dalam gambar yang anda ambil.


PERBEDAAN APERTURE

SHUTTER SPEED
SLOW - FAST


Berikut ini adalah table EXACT setting Exposure:
credit: matakamera.com

note : saya menerima segala koreksi, saya cuma seorang pemula yang mau membantu pemula yang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

drdl

Semua ,,, Segala yang kupahami tentangmu, Kupahami karena aku mencintaimu,, Aku tidak pernah menyesal mencintaimu, Yang aku sesali,, ...